Mpasi Cucok (Part 2)

Membayar hutang janji posting menu MPASI.  But before that, mo sharing seputar penyusunan menu dan pemberian MPASI ini ya...

Penyusunan Menu
Di part 1 udah jelas dong ya, ada menu 4 bintang yang harus dieksekusi. Ini tricky, kita harus memadukan 4 macam makanan dan mengira2 bagaimana rasanya. Ya bayi belom bisa bedain mana yang enak dan enggak, Tapi kalo saya sih gak tegaan, saya nyari paduan yang kira-kira saya sebagai orang dewasa doyan lah. Setiap MPASI matang, saya selalu cicipin dulu (prinsip!).
Idealnya, MPASI memang diambil dari hidangan keluarga di hari itu. Kita sisihin masakan yang belum dikasih gula dan garam. Tapi tidak semudah itu, ferguso! Soalnya makanan saya banyak yang gak bisa dimakan dulu sama bayi, dan ada juga makanan bayi yang gak ikutan saya makan... contoh? salmon. Itu buat bayi aja, ortunya gak usah, mahal tauuu...
Oh iya, like I said before, perhitungkan tinggi rendahnya serat ya bu-ibu... contoh bahan rendah/tinggi serat seperti ini

Itu Bumtik sama LT gak wajib ya, akan lebih baik kalo ada. Bumtik is bumbu aromatik, buat sedep2an aroma masakan. Diiris-iris aja bawang2an itu sesuai masakannya lalu ditaruh di paling atas (maksudnya biar gampang ngambilnya kalo bubur dah mau disaring) tapi ada juga sih yang bumtiknya ikut disaring juga biar buburnya gurih, Suka-suka kokinya lah...
Kalo LT alias tambahan fungsinya mengikat nutrisi dari bahan makanan lainnya dan melancarkan pencernaan, biar gak sembelit gitchuu. Yomi sendiri cuma pake bumtik, dia hoekk kalo makanannya ditambahin LT, walo dikasih seuprit Unsalted Butter dia tetep ngeh lho. Mungkin memang bikin rasa makanan beda kali ya.

Buat ibu2 yang baru mau mulai MPASI, gak ada salahnya juga corat-coret menu, nyocok2in selera keluarga. Waktu itu sih saya juga bikin, sambil ngira-ngira ini kalo digabung ini gimana rasanya ya... tapi ya emang akhirnya gak saklek ikut susunan menu itu sih, saya free style kalo urusan dapur. Orat-oretan saya pas nyusun menu tuh gini..
kebaca gak ya? wkwkwkwk...
Tapi pada kenyataannya sih berbeda dari itu, tergantung mood tukang masak lah pokoknya.

Variasi Menu
Saya mencoba bikin kombinasi yang kira-kira rasanya gak aneh-aneh banget, hahaha.... misalnya kombinasi ayam-tahu-wortel itu kan pernah kita jumpai di tahu fantasi ya, udang-tahu-labusiam juga kayak sambal goreng labusiem yang buat makan ketupat, ya something like that lah. nanti tinggal main di bumbu, kalo yang mirip komposisi sup/chinese food ya pake bawang putih, kalo masakan jawa bumbunya bawang putih-merah dan daun salam, kalo bau-bau seafood ya saya kasih daun jeruk. Yang udah sering masak pasti tau lah ya...
And oh iya, saya berusaha kasih variasi lain yaitu meramu masakan manis, tapi dengan bahan 4 bintang. Soalnya kalo saya browsing menu MPASI kebanyakan menu yang gurih-gurih gitu. ada juga yang acak adut asal memenuhi syarat 4 bintang wae... (saya juga pernah, ubi ungu saya campur ikan gabus, terus huekk deh bocahnya hahaha)
Kali ini saya posting menu yang manis dulu aja ya, kalo yang gurih-gurih bisa ambil di contoh menu yang udah saya share diatas. Ada juga sih menu yang jadi favorit Yomi tapi gak ada disitu

1. UBI ONDE
Ini yang dominan rasanya memang perpaduan ubi dan kacang ijo, makanya pas saya cicipin ternyata mirip kayak isian onde-onde. Itu ya, udah ada nama bahannya tertera di gambar...



2. HONEY CHICK
Ini hasilnya gak semanis yang saya harapkan, saya pas dapet butternut squash / labu madu yang gak terlalu manis. Next time boleh lah diganti labu kuning/kabocha.



Kapan-kapan, kalo saya gak males, saya bakal share menu yang gurih-gurih. Kayak menu favorit Yomi : Beras Merah - Sapi - Tofu - Tomat dan Kentang - Udang - Tempe - Tomat. Koq suka banget pake tomat? Iya tuh, anaknya suka yang agak asem-asem. Dan menurut saya, sayur yang ada rasanya (gak plain) ya tomat itu.

Ah iya, saya pernah cerita kan ya kalo saya bikin MPASI pake slow cooker. Tapi ini kalo pas saya pake karbonya beras putih/ beras merah. Kalo pas bahan karbo umbi-umbian (kentang, ubi, labu) saya kukus biasa aja pake panci (ditaruh di mangkok stainless terus dikukus gitu). Ngukusnya gak lama 10-15 menit lah tergantung bahannya gampang mateng enggak. Lumayan ini, cepet masaknya dan bisa disambi cuci piring, asal gak lupa ya, bisa-bisa sampai air di panci kering lupa diangkat, hahaha...

Oh iya, berapa porsi MPASI untuk bayi?

takaran sdm disini maksudnya sendok makan orang dewasa ya... bukan sendok makan bayi
Numpang curhat bole gak ya...
Jadi as usual saya itu excited banget buat belanja. Lalu belilah segala macam yang organik2, beras organik, telur ayam kampung, ikan salmon, buah naga dll dll. Terus suami saya komen (ya dia bisanya komen doang sih, bantuin masak juga kagak) kenapa anak kami dikasih bahan aneh-aneh, ya udah sih seadanya aja yang biasa kita makan. Errr... ya saya bilang semua ibu pasti pengen yang terbaik untuk anaknya. You know kan semacam ikan salmon, misalnya. Later saya curhat ke teman saya, dan dia bilang, iya, sepupunya ada juga yang ibunya kayak gitu, suka ngasih salmon dan tuna, terus akhirnya tuh anak maunya cuman makan itu doang, kan bikin tekor (aaarghh, tidak rhoma!)... Ya sebenernya bayi juga belom ngerti sih, tinggal mangap2 bae. Cuman anak saya ini seakan mengerti keinginan ayahnya. Dia ogah makan salmon (bisa sih, tapi harus saya campurin udang biar ada gurih-gurihnya)... dikasih brokoli dia huekkk  dikasih buah naga, eh dia juga huek,  tapi dikasih ikan lele malah lahap bener. Akhirnya saya kompromi mencari makanan yang familiar di kalangan elit seperti kami (ekonomi pelit). Minggu ketiga saya udah gak beli salmon, beli ikan kembung sama ikan lele aja. Buah juga belinya "pepaya, mangga, pisang, jambu, dibawa dari pasar minggu"... (becanda ding, jambunya kagak...) But still, saya akan berusaha supaya anak saya suatu hari mau makan superfoods itu. Namanya juga usaha kan ya ibu-ibu...
Curhat berikutnya, saya koq jadi ngerasa jumawa. It is not good. Masak mpasi homemade ini kan sebenernya kompensasi saya karena gak bisa kasih ASI. Jadi saya mau kasih makanan sehat sebaik-baiknya. Lama-lama jadinya saya ngerasa sok tau dan mulai nge-judge orang yang memilih ngasih bubur instan dengan berbagai alasan (takut anaknya gak doyan, malas ribet, takut ini-itu). Astagafirullah... saya ngerasa julid dan itu mulai gak bener, Saya sebisanya menahan diri untuk berkomentar. Walau saya pengen educate, "bikin mpasi itu mudah koq, sehat lagi", tapi terus saya balikin ke diri sendiri, gimana perasaan saya kalo ada yang bilang "menyusui itu kan gampang, hanya modal keras kepala dalam mengasihi"... (pasti saya pengen nampol). Cuman ya kadang kontrol diri saya itu lemah sodara-sodara... ada aja yang saya komen di grup fb atau instagram. Sungguh jaman sekarang susah sekali mengendalikan kejulidan jari-jemari.
Hemmm...
Baiklah part 2 nya segini dulu. Maybe next time ada part 3 dst buat posting menu MPASI (lagi2 dengan catatan : KALO GAK MALES)

Komentar