Akhirnya Bisa Lahiran Pake BPJS!

Dulu waktu lahiran Yomi, saya gak kepikiran pake BPJS. Gak tahu caranya, dan gak pengen tau (sombong) karena dari awal promil udah gak pake BPJS. Ya diikhlasin aja gitu, pake acara jumawa lagi, ah gpp duit tabungan masih cukup buat lahiran normal lah (terus ndilalah tiba2 harus sc, hiks).

Tadinya mikir, ya udah deh sekali ini aja kan punya anaknya. Beneran, gak ada ekspektasi kalo yomi bakal punya adek. 

Berhubung sekarang udah anak kedua, udah agak realistis deh saya.  Apalagi kondisi memang lagi krisis. Jadi ya gitu bund, nurunin standar dulu. 

Sejak tau hamil saya selalu kepikiran, bisa gak ya lahiran pake BPJS. Saya tau diri lah kayaknya bakal sc lagi, katanya kalo yg pertama udah sc bakal sc lagi kan. Bisa sih vbac, tapi syarat dan ketentuan berlaku, diantaranya usia masih belom 35 (nyampe sini aja udah bye lah ya, saya udah mau 40 tahun depan). 

Sependek pengetahuan saya, kalo mau lahiran pake BPJS, kita harus periksa kehamilan di Faskes Tingkat Pertama. FKTP saya itu di Puskesmas Jombang. Langsung ngeper karena ga berani ke Puskesmas di masa pandemi, akhirnya pindah FKTP lewat aplikasi mobile-JKN, milih klinik ichsan bintaro. Random aja sih itu, karena saya mikirnya klinik itu terafiliasi dengan RS IMC. Eh tapi suami saya kekeuh saya kontrol di RS Buah Hati aja, sekalian lahiran disana. Lahh piye... Akhirnya saya kasih penjelasan kalo mau lahiran harus ada rujukan dari FKTP, jadi at least saya harus pernah kontrol di klinik itu. Kalo kontrol di Buah Hati mah ya tetep sebulan sekali (dan bayar pake duit sendiri). 

Akhirnya di usia kehamilan 6 bulan kami membulatkan tekad periksa ke klinik ichsan. Nyari kliniknya pun rempong, sampe muter balik 3 kali karena gak liat rukonya sebelah mana. Nyampe sana ternyata adanya dokter umum yang sudah sepuh. Tapi saya dihandle sama bidan sih, cuma ya ga kayak periksa di RS. Jadi gak ada mesin USG, periksa manual aja lingkar perut berapa, terus diwawancara keluhannya apa. Ngetes detak jantungnya pake doppler, suaranya kresek2 kyk kalo kita nyari gelombang radio. Obatnya juga standar aja gitu dikasih asam folat doang. 

Kata bidan, saya dapat jatah periksa di RS 3 bulan sekali kalo pake BPJS ini. Dan ada bla-bla lain yang saya udah lupa karena langsung bikin males gitu. Ya udah deh, pikir saya.. Boleh syukur, ga boleh juga gpp deh lahiran pake BPJS ini. Insyaallah nanti ada jalan. Eh, abis ngucap gitu, beberapa minggu kemudian pak suami dapat rejeki lumayan, jumlahnya sedikit di atas perkiraan biaya lahiran di RS Buah Hati Ciputat. Well, saat itu mikirnya oh, mungkin ini jawaban dari doaku. Yo wes, lahiran bayar sendiri aja deh. Hmmm. Ini biaya sc di RS Buah Hati Ciputat. 


Di usia kehamilan 9 bulan (36w), Dokter Mukhlis udah memastikan harus sc. Terus saya dikasih surat pengantar. Ahsiyappp, dok! 

Iseng nanya ke bagian pendaftaran Rawat Inap apa saja syarat daftar sc dan nanya apakah bisa pake BPJS. Eh dikasih daftar dokumen yang harus dibawa untuk daftar rawat inap untuk pasien BPJS, dan gak ada surat rujukan dari FKTP! Lho kok bisa?? Sampe saya tanyakan ulang, memang gak harus ada rujukan dari FKTP saya ya? Jawabnya, tidak bu, cukup surat pengantar dari Dokter Mukhlis. Oh bisa ya? Entah itu bagaimana penjelasannya saya gak nanya lagi, khawatir dianggap ngeyel. Kan saya juga mestinya seneng ga perlu repot2 ke klinik lagi. Iya deh, oke. 

Jadwal operasi kemudian ditentukan berdasar kesepakatan. Saya minta operasi di 37w karena dulu Yomi lahir di 37w tapi dokter ga setuju, katanya 38w aja, kalo 37w kecepetan. Oke. Saya minta operasi pas weekend (sabtu/minggu, biar pas suami libur gitu, jadi standby nungguin saya), tapi dokter ga bisa katanya, jadinya dapet slot jumat pagi. Pak Suami ngomelin saya karena pake acara nego jadwal operasi. Ya gpp kan ya, namanya juga usaha.

Karena semua udah fix, saya santuy, di 37w itu saya masih WFO 3 kali. Lalu sabtu pagi kontrol terakhir ke Dokter Mukhlis. Well semua ok, baby masih 3,4 kg. Ketuban baik. Kondisi aman terkendali. Pulangnya jalan2 ke Lotte sampe sore. 

Malamnya, tidur bertiga sama Yomi, yang rempong ga mau tidur sampe jam 10 malam. Padahal biasanya jam 9 juga udah merem dia. Pas banget Yomi baru tidur dan suasana hening, perut tiba2 kesundul dari dalem lalu pyokkk, ada yang mengalir deras. Oh My God! Ketuban pecah... 

Langsung panik, bangunin suami, ngambil hospital bag yang belum selesai dipacking karena santuy jadwal lahiran baru minggu depan (jangan ditiru ya, mak). Buru2 masukin dokumen2 yang diperlukan sambil mondar-mandir ngurusin Yomi yang kebangun dan malah ketawa2 liat emaknya ngocor kayak gitu, hmmm. 

Singkat cerita dimulailah kehebohan kontraksi, sepanjang jalan udah panik, terus nyampe RS diperiksa suster katanya udah bukaan 4, lahhh... Udah  gelombang cinta datengnya semakin sering, susternya wawancara pula dan nyuruh ttd banyak form, nikmat gak tuh. Sampe suami saya nanya, boleh gak ttd nya diwakilin suami aja, eh ga boleh dong. Udah gitu pake acara rapid dan swab yang menyiksa, hadehh. Dikasih warning pula, kalo hasilnya positif gak akan diproses karena RS Buah Hati gak melayani pasien covid. Ya iya sih bener, tapi disampaikan di depan bumil yang lagi heboh inhale-exhale tuh gak asyik banget deh. 

Paling konyol adalah susternya nanya ke Pak Suami, ini Dokter Mukhlis gak ada karena lagi praktek di tempat lain, bagaimana kalo gak sama Dokter Mukhlis. Konyolnya suami malah lempar nanya ke saya, Dokter Mukhlis gak ada, gimana? Kesel banget akutuuu. Rasanya pengen nampol. Ya siapa aja boleh deh, kondisi darurat gini pake nanya begitu, kalo ketuban keburu habis gimana? 

Akhirnya sc di handle Dokter Ismail. 
Abis lahiran ternyata ga langsung masuk kamar, tapi transit dulu nunggu ketersediaan kamar. Mungkin kalo booking di awal bisa reserved gitu kali ya, ga tau juga wong tiap lahiran selalu dadakan. Lepas subuh baru dapat kamar. Sesuai kelas di BPJS saya, dapat kelas 1. Tadinya mau upgrade ke VIP, tapi suami saya kan gak bisa gercep ya, jd pas dia baru mau ngurus, petugas udah gak ada. Hmmm. 

Ternyata bagus koq kelas 1-nya. Sekamar isi 2 bilik pasien yang ditutupi tirai, jd ga ada saling kontak. Masing2 bilik isi 2 bed, untuk pasien dan untuk penunggunya. Selain itu ada TV dan kamar mandi dalam. Nyaman2 aja sih. Ya kan bukan vacation juga ya, mau pengen yang gimana sih. Makanan enak (atau mungkin saya yg bawaannya laper melulu abis sc) dan susternya lumayan helpful.  Penampakan kamar kelas 1 tuh kayak gini. 


Saya melahirkan minggu dini hari, di minggu siang udah disuruh belajar miring2. Senin udah disuruh duduk dan jalan. Kemudian senin siang visite Dokter, eh malah disuruh pulang. Sesuatu banget kan yak. 

Sebelum pulang bayar dulu di kasir,  kata suami cuma disuruh bayar 300 ribu untuk biaya rapid test. Eh tapi pas saya lagi sc itu dia ada disuruh bayar juga obat2an yang ga dicover BPJS, hampir 2 juta-an. Ga ngerti juga obat apaan, yg jelas sih ada hasil lab yang saya baca, ternyata hb saya rendah banget. Sama hasil lab baby, yang gula darahnya juga dibawah normal, katanya sih karena BB terlalu tinggi (4,00 kg). 

Yang membuat saya bertanya2, koq bisaaaa? Jelas2 paginya saya kontrol ke Dokter Mukhlis dan dibilang bobotnya cuma 3,4 kg. Pun sepulang dari situ saya baru makan sekali, itupun makan tahu telor ga pake nasi. 
Ya itulah ibu2, namanya alat buatan manusia ya, kadang bisa salah deteksi juga. Dan lahiran kan emang ga bisa diprediksi, buktinya anak2 saya lahirnya di 37w, dan milih weekend semua (Yomi di Jumat petang, dan adek di Minggu pagi). Mungkin mengabulkan harapan emaknya supaya bisa lahiran ditungguin suami (meski nunggunya di luar, dan selalu ada aja yang missed). 

Akhir cerita cuma mau menyimpulkan gini, kalo memang ada fasilitas BPJS dari kantor ya udah di pake aja toh udah dipotong gaji tiap bulan buat bayar iuran. Nanya dulu aja, siapa tau gak seribet yang kita pikirkan, kayak case saya ini. 
Meskipun saya ga paham juga kenapa ga melibatkan FKTP asal, cuma kayaknya kalo ada pertanyaan (misal diaudit) saya ga salah2 banget sih karena kondisi saya waktu itu termasuk darurat (pecah ketuban dini). Oalah, sempet2nya mikir alasan kalo diaudit, profesional banget akutuuu 🤣🤣🤣

Next saya pengen juga sih pake BPJS ini buat pasang alat kontrasepsi. Masih memantapkan diri mau pasang IUD, mungkin selesai nifas ini. Cuman ya mikir2 enaknya ke faskes mana, lebih nyaman ke obgyn sih kayaknya. Nanti dipikirin lagi deh. 

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Thanks info Mam, saya jg anak pertama dan kedua biaya pribadi RS. Nah yg ke3 ini saya baru bikin BPJS mandiri. Lg nyari info, tp ksh pingin di Dr 2 anak saya walaupun jauh di ujung. Cuma lg spt ini, mau realistis saja selatan ke utara jauh sekali. Mam ini faskes BPJS di klink Ikhsan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom, nanti di pilihan faskes dipilih klinik ichsan bintaro. Lokasinya di sektor 7.

      Hapus

Posting Komentar